Rabu, 25 Februari 2009

TIPS MERAWAT SHOCKBREAKER MOBIL ANDA

0 komentar


new entry post bY(nice boy)

Shockbreaker memiliki peranan yang amat vital untuk menunjang kenyamaman dalam berkendara. Melalui alat ini guncangan yang terasa pada bodi mobil mampu dikurangi.


Sayangnya, karena perangkat logam baja tersebut letaknya tersembunyi, banyak yang kurang memperhatikan perawatannya, padahal alat ini juga memiliki umur yang terbatas. Apabila shockbreaker aus, maka daya tahannya pun akan berkurang, yang tentunya akan mengurangi kenyamanan anda dalam berkendara.


Daripada membeli lebih baik merawat bukan? Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu dalam merawat shochbreaker.

Pertama, sebisa mungkin hindari jalan yang berlubang. Kalaupun harus berhadapan dengan kondisi jalan yang kurang merata, perlambat mobil. Menerjang lubang dengan kecepatan tinggi hanya akan menyebabkan suspensi bekerja lebih keras yang berakibat pada berkurangnya umur shockbreaker.


Kedua, jangan bebani kendaraan dengan muatan yang melebihi saran pabrikan. Jika beban berlebih, artinya suspensi juga harus bekerja keras. Efeknya, komponen shockbreaker akan cepat aus dan sulit bekerja maksimal. Akibatnya, bodi mobil akan terasa mudah goyang ketika dikendarai.


Ketiga, bersihkan shockbreaker dari kotoran yang menempel secara berkala. Sebab, apabila ada kotoran di sisi-sisi yang bekerja, maka akan mempercepat keausan seal (karet) maupun piston. Periksa juga kondisi seal, jika sudah robek, segeralah diganti.

0 komentar: